Wednesday, August 13, 2014

Sungai Mahakam Samarinda

Sungai Mahakam merupakan sungai terbesar di provinsi Kalimantan Timur. sungai sepanjang 920 km ini mengalir dari hulu di Kutai Barat ke sungai yang lebih rendah menuju Kutai Kartanegara dan Samarinda.
Sungai Mahakam Samarinda sangat penting bagi sebagian besar penduduk di provinsi tersebut karena beberapa daerah hanya dapat diakses oleh sungai. Transportasi barang juga bergantung pada transportasi ini berarti. Sungai ini bermuara sendiri di Tenggarong, Belayan dan Lava sungai.


Sungai Mahakam samarinda mengalir melalui tiga daerah yakni Kutai Kartanegara dan Kutai Barat kabupaten, dan kota Samarinda. Sebagian besar daerah hulu yang hanya dapat diakses oleh ketinting atau perahu motor, atau taksi air jarak jauh (kapal). Beberapa sungai yang lebih rendah juga dapat diakses melalui transportasi darat. Anda dapat menggunakan kendaraan bermotor untuk bepergian di sepanjang sungai yang melewati kota Samarinda. Anda juga dapat berjalan di sepanjang sisi sungai untuk menikmati pemandangan kota tersebut.

Ketika bepergian di sepanjang sungai, Anda akan menemukan berbagai kegiatan sosial yang dilakukan oleh masyarakat setempat hidup di sepanjang sisi sungai misalnya, transportasi barang dan sumber daya alam untuk antar pulau dan ekspor tujuan, memancing dan penjualan ikan.


sungai mahakam samarinda sungai mahakam samarinda


Di Samarinda, tepian sungai Mahakam digunakan sebagai tempat istirahat oleh masyarakat setempat, terutama dari sore sampai malam. Pada sore hari, para pedagang menjual berbagai macam jenis WOF makanan dan minuman di sepanjang sungai. Warga biasanya menonton matahari terbenam sambil menikmati jagung bakar, roti dll Lebih banyak orang datang selama di malam hari.


Pulau Kumala terletak di tengah sungai. Ini adalah objek wisata unggulan di Kabupaten Kutai Kartanegara. Anda bisa menikmati langit menara, bemper mobil, mobil wisata dll


AKSES TEMPAT WISATA

Dari bandara Sepinggan di Balikpapan, yang merupakan titik masuk ke Kalimantan Timur, kita bisa mengambil tanah atau transportasi udara ke Samarinda. Beberapa pesawat yang menyediakan rute lokal Balikpapan-Samarinda. Anda juga dapat naik taksi ke Samarinda untuk 2,5-3 jam perjalanan.

Jika Anda menggunakan transportasi darat, Anda akan kagum dengan keindahan sungai Mahakam yang merupakan wisata indonesia andalan di daerah yang disebut Samarinda Seberang. Anda dapat melihat sisi ramai sungai di pusat kota Samarinda.



bookmark
wp reddit



Sungai Mahakam Samarinda

No comments:

Post a Comment