Tuesday, August 12, 2014

Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu dalam bahasa Jawa diterjemahkan berarti “Seribu pintu”. Dan sementara itu bangunan tidak benar-benar memiliki seribu pintu, yang besar, struktur tiga lantai dilapisi dengan banyak pintu dan jendela yang menyerupai pintu, dari mana bangunan diperoleh namanya.


Bangunan besar dan misterius ini bukan hanya struktur sepi, tapi merupakan ikon sejarah dan pahlawan. Pada tanggal 14 Oktober 1945, tak lama setelah Indonesia menyatakan kemerdekaan nya, bangunan menjadi tempat untuk berdarah “Pertempuran Semarang”. The 5-hari pertempuran terjadi antara AMKA, Angkatan Muda Kereta Api (Railway Youth Force) terhadap Kempeitai dan Kidobutai, Polisi Militer Jepang dan Strike Force. Banyak yang disiksa dan dieksekusi selama pertempuran ini.


Pada tahun 1950, monumen Tugu Muda dibangun untuk mengenang perjuangan ini untuk kebebasan dan menghormati mereka yang meninggal dalam pertempuran. Setiap tahun, perayaan diadakan di sekitar monumen ini dalam rangka memperingati heroik, perjuangan 5 hari di Lawang Sewu.


lawang sewu semarang lawang sewu semarang


Lawang Sewu Semarang merupakan salah satu bangunan bersejarah yang menonjol serta struktur membuat keindahan arsitektur besar, salah satu daya tarik wisata indonesia. Daya tarik utama adalah kaca jendela tinggi yang, menampilkan keterampilan dan kesenian zaman kolonial. Balok berwarna cahaya yang menyaring melalui jendela ruang remang-remang menambah suasana sudah misterius dan agak tegang bangunan. Dari sekian banyak kamar di gedung, hanya satu dapat dimasukkan. Kamar ini diyakini telah semacam kantor atau ruang kerja. Anda dapat berjalan-jalan di ruang terbuka dan fasilitas seperti kamar mandi dan balkon yang menghadap ke Monumen Tugu Muda.

Karena tingginya jumlah kematian yang terjadi di di situs ini, banyak yang percaya gedung berhantu. Bangunan ini terbuka untuk umum 24 jam sehari, jika Anda ingin pergi tengah malam berburu hantu.


Jika Anda lebih suka bepergian dengan jalan, sejumlah layanan kereta api perjalanan melalui wisata jawa tengah, terutama di Semarang. Kebanyakan mengungkapkan kereta perjalanan dari Jakarta ke Surabaya di Jawa Timur atau sebaliknya lewat Semarang dan Cirebon di Jawa Barat. Atau, ada juga banyak layanan bus ke Semarang dari berbagai kota di Jawa. Rosalia Indah, Raya dan Safari Dharma Raya adalah beberapa yang terbaik terkenal perusahaan bus.

Dari Yogyakarta, Anda dapat melakukan perjalanan utara dengan mobil, mengambil hanya beberapa jam.

Bangunan ini di Jalan Pemuda, menghadap bundaran Tugu Muda, dekat dengan pusat kota Semarang.



bookmark
wp reddit



Lawang Sewu Semarang

No comments:

Post a Comment