Thursday, August 7, 2014

resep membuat ayam rica rica

Resep cara membuat ayam rica-rica yang menjadi ciri khas kota Manado,Sulawesi dan bagaimana cara pembuatannya. Untuk Anda yang sangat menyukai sekali dengan rasa pedas, kali ini akan diulas oleh salah satu resep masakan nusantara yang memiliki rasa yang cukup pedas. Ayam rica-rica adalah salah satu dari resep makanan yang berdaerah asal kota Minahasa atau yang biasa kita kenal dengan nama kota Manado yang terletak di wilayah provinsi Sulawesi Utara. makna rica sendiri mempunyai arti “Pedas“, karena itu ayam rica-rica memang selalu di disebut dengan makanan yang cukup pedas dan sangat menggoyang lidah anda.
resep membuat ayam rica rica cukup mudah karena bahan bahannya sangat sederhana dan cukup mudah untuk diperoleh. Nah, bila Anda mau mencoba bikin makanan ayam rica-rica khas Minahasa, maka akan kita sajikan cara pembuatan dan cara penyajiannya.


Resep ayam rica-rica khas Manado dan cara membuatnya sumber : www.tabloidkuliner.com


resep membuat ayam rica rica copy resep membuat ayam rica rica copy



resep membuat ayam rica rica khas manado


Bahan baku pokok yang dibutuhkan:

3 buah sereh yang di memarkan atau di peprek

5 lembar daun jeruk sebagai penambah aroma

2 sendok makan air perasan jeruk nipis

juga 1 sendok teh garam

200 ml kurang lebih 1 gelas air

1 ekor ayam lalu dipotong-potong menjadi 20 bagian

5 sendok makan minyak goreng

1 ruas jahe yang juga memarkan


Bumbu-bumbu yang dibutuhkan dan dihaluskan:


2 sendok teh garam

25 cabai merah besar

35 cabai rawit merah

25 butir bawang merah


Proses cara pembuatan resep ayam rica-rica ala Manado :

- potong atau keping daging ayam ras harus dicuci sampai bersih kemudian disirami dengan air perasan jeruk nipis dan garam untuk menghilangkan bau amisnya lalu didiamkan selama kurang lebih 10 menit.

- masukkan ke dalam penggorengan potongan-potongan ayam ras tadi sehingga berwarna kecoklatan atau setengah matang lalu tiriskan.

- setelah semua selesai lalu panaskan sedikit minyak goreng kemudian tumis bumbu yang tadi sudah dihaluskan hingga menghasilkan aroma wangi.

- lalu campurkan potongan ayam ras bersama dengan, daun jeruk, jahe dan serai dan tuangkan air secara perlahan.

- Masak sampai potongan ayam ras menjadi matang lalu air nya menyusut. Angkat lalu tiriskan dan sajikan mumpung masih hangat.


Cara Penghidangan

Makanan Ayam rica-rica khas manado akan menjadi lebih mantap bila dicampurkan buah mentimun dan  bawang goreng di saat penyajiannya. Selamat mencoba resep ini yang menjadi salah satu wisata indonesia ini.



bookmark
wp reddit



resep membuat ayam rica rica

No comments:

Post a Comment