Thursday, August 7, 2014

resep membuat nasi uduk

Resep membuat nasi uduk ala betawi merupakan salah satu resep yang cukup begitu kompleks untuk bisa didapatkan, terutama di kota betawi, tempat asal nasi uduk khas betawi untuk pertamanya dibuat. Nasi uduk adalah suatu makanan yang memiliki bahan nasi putih yang kebanyakan dihidangkan dengan telur rebus, daun bawang, ayam goreng,emping, dan lain lainnya sesuai dengan selere masing masing. Nasi uduk khas betawi mempunyai kharakteristik yang berbeda dengan nasi khas kebuli, bila saja kalau nasi kebuli memakai kaldu kambing saat dimasak, dibandingkan resep nasi uduk yang memakai santan sehingga aroma yang dihidangkan pun menjadi sangat enak.

Khusus, bagi Anda yang menyukai  nasi uduk dan mau membuatnya sendiri ala pribadi, tabloid berikut resep membuat nasi uduk lengkap beserta bahan bahan pokok dan cara pembuatannya, yaitu sebagai berikut:


resep membuat nasi uduk resep membuat nasi uduk


Bahan- bahan pokok untuk membuat resep membuat nasi uduk :

450 ml santan dari 1 butir kelapa parut

6 cm kayu manis

450 gram beras

1 biji pala yang telah dimemarkan

4 cm lengkuas yang telah dimemarkan

2 batang serai yang telah dimemarkan

1 ruas jahe yang telah dimemarkan

1/2 sendok teh garam

7 biji cengkeh


Resep Membuat nasi uduk

- Beras putih dicuci lalu dibilas sampai bersih lalu direndam di dalam panci yang berisi air selama kurang lebih 30 menit kemudian tiriskan lalu dikukus selama kira kira setengah jam atau sudah terlihat menjadi setengah matang lalu dipisahkan.

- Didihkan santan di dalam panci lalu campur bunga pala bersama  cengkeh, pala, jahe,kayu manis, lengkuas dan sereh yang tadi sudah dimemarkan kemudian masukkan aronan tersebut secara perlahan. Sebagai indikator perbandingan yang proporsional, ketinggian santan berada kurang lebih 5 centimeter atau 1 ruas jari agar aronan benar-benar tanak. Proses ini biasanya memakan waktu dari 3/4 jam hingga 60 menit.

- Masak terus hingga santan mengering. Saat santan tinggal sedikit, gunakan api yang sedang agar nasi tidak gosong pada bagian bawahnya.

- dimana nasi uduk telah matang, sajikan saat masih panas bersama emping, sambal kacang,bawang goreng, irisan telur dadar dan lain lain sesuai dengan  selera. Sajikan bersama keluarga.


Trik penyajian membuat nasi uduk:

Jika Anda rasa kesusahan untuk memperoleh bahan bahan lengkapnya,cara membuat nasi uduk bisa juga dilakukan hanya dengan bumbu-bumbu utama seperti , lengkuas , santan kelapa dan serai.


wisata kuliner sudah menjadi khas wisata indonesia yang beragam.



bookmark
wp reddit



resep membuat nasi uduk

No comments:

Post a Comment