Wednesday, August 13, 2014

Candi Muara Takus

Terletak beberapa 122 km dari Pekanbaru, ibukota Provinsi Riau, kompleks candi Muara Takus dibangun di tepi sungai Kampar Kanan. Muara Takus memiliki bangunan bata terbesar di Sumatera ditemukan jarak jauh dalam kliring hutan.

Candi Mahligai adalah sebuah stupa tinggi yang diapit oleh reruntuhan beberapa tempat suci bata lainnya. Bentuk tingginya berbeda dari stupa Budha biasanya berbentuk lonceng yang ditemukan di Jawa. Candi ini dibangun dari batu-batu sungai, batu pasir dan batu bata tanah dan dipulihkan pada tahun 1980.


Kompleks ini dikelilingi oleh dinding 74 juta x 74 m, dengan benteng tanah lain 1.5km x 1,5 km di sekitar ini, membentang ke tepi sungai Kampar Kanan. Dalam dinding ditemukan Candi Tua, Candi Bungsu, Mahligai stupa dan Palangka. Di kompleks ini juga ditemukan gundukan yang diyakini menjadi tempat untuk kremasi.


Maskapai sisa Buddhis menimbulkan teka-teki bagi para arkeolog untuk tanggal yang mereka benar-benar dibangun, yang mereka memperkirakan telah dibangun baik dalam 2, 4 atau 7 abad ke-9.


candi muara takus candi muara takus


Hal ini, bagaimanapun, diketahui bahwa selama abad ke-10, Kerajaan Sriwijaya yang terletak lebih jauh ke selatan di dekat masa kini Palembang merupakan pusat pembelajaran yang berkembang untuk Buddhisme, di mana bahkan peziarah Cina dikatakan belajar di Sumatera terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke India.


Dikatakan bahwa batu bata Candi Muara Takus dibuat di desa Ponkai atas kompleks candi, di mana penduduk membawa batu bata, menyerahkan ini ke satu sama lain dalam garis panjang sampai ke kompleks. Ini berarti bahwa candi dibangun bersama-sama dengan penduduk.


Kompleks Muara Takus adalah satu-satunya kompleks candi yang ditemukan di Riau, bukti bahwa Buddhisme telah menyebar di sini selama abad-abad awal.


Candi Muara Takus dapat ditempuh melalui jalan darat baik dari Padang, Sumatera Barat atau dari Pekanbaru, Riau.yang merupakan salah satu tempat wisata indonesia yang terdiri dari beberapa kepulauan.



bookmark
wp reddit



Candi Muara Takus

No comments:

Post a Comment