Thursday, June 26, 2014

UJUNG KULON PANDEGLANG

Ujung Kulon merupakan salah satu Taman Nasional Indonesia yang paling terkenal. Terletak di ujung selatan-barat Jawa Barat di rak Sunda di mana daerah tersebut juga mencakup Semenanjung dan beberapa pulau dan meliputi cagar alam Krakatau – gunung berapi aktif terkenal di dunia. Taman ini yang terletak di Ujung Kulon, Pandeglang  - Provinsi Banten didirikan dan dinyatakan sebagai Taman Nasional pada tahun 1992 oleh UNESCO World Heritage Site untuk melindungi badak Jawa terancam punah dan banteng liar atau banteng dalam bahasa Indonesia.


taman nasional pandeglang1 taman nasional ujung kulon pandeglang


Taman ini sangat terkenal dengan keindahan alam dan bunga . maka banyak peneliti dari seluruh dunia datang untuk mengunjungi taman ini terutama untuk studi gunung berapi pedalaman. Selain itu, daerah ini berisi area terbesar yang masih tersisa dari hutan hujan dataran rendah di Pulau Jawa dan memiliki begitu banyak spesies tanaman dan hewan.


Ujung Kulon yang berarti “West Point” dalam bahasa Inggris, memiliki profil yang sangat luar biasa dari padang gurun Indonesia dari lahan hutan pegunungan sampai laut karang. Apa yang membuat taman ini bahkan lebih luar biasa adalah membuat  taman tetap menjadi surga murni dari alam di pulau Jawa, daerah yang paling padat penduduknya di Indonesia.


Taman mencakup wilayah 120.551 hektar yang terbagi dalam 78.214 hektar lahan dan 44.337 hektar terumbu sekitarnya dan laut. Luas lahan dapat dibagi menjadi tiga bidang: Pulau Panaitan ke barat utara, berbentuk segitiga Semenanjung, dan Honje pegunungan di sebelah timur dari Semenanjung Tanah Genting.


Iklim:


Taman nasional ini memiliki iklim tropis maritim, beberapa derajat lebih dingin daripada daerah pedalaman pulau Jawa dan rata-rata menghasilkan curah hujan tahunan sekitar 3250mili meter. Kisaran suhu antara 25 ° sampai 30 ° derajat Celcius dengan tingkat kelembaban rata-rata bervariasi dari 80% sampai 90%.


Antara April-Oktober adalah bulan-bulan kering, selama periode ini ada periode panjang halus, cuaca tenang dengan mantra sesekali langit mendung, hujan dan laut kasar.


Flora & Fauna.


Taman Nasional Ujung Kulon adalah salah satu dari sangat sedikit daerah menawarkan profil laut pantai vegetasi tropis puncak gunung dan juga salah satu dari hutan alam yang masih tersisa di Pulau Jawa. Taman ini memiliki lebih dari 700 spesies tanaman hidup yang pada 57 diklasifikasikan sebagai langka di Indonesia dan mungkin di dunia. Taman alam ini memiliki array yang luas mereka satwa liar,


anggota cukup yang terancam punah atau langka seperti Badak Jawa. Beberapa hewan yang begitu takut bahwa bebas berkeliaran di sekitar pondok-pondok wisata yang ada, yang lain terlihat hampir setiap hari, tetapi banyak yang mendengar ketimbang melihat dan inti yang sama jarang terlihat. Taman ini juga mencakup berbagai habitat laut seperti pantai berbatu, rawa bakau, lumpur flat, padang lamun, terumbu karang dan parit laut, memberikan wawasan yang beragam dan menarik ke dalam dunia bawah laut.


salah satu wisata indonesia yang patut dikunjungi



bookmark
wp reddit



UJUNG KULON PANDEGLANG

No comments:

Post a Comment