Sunday, June 15, 2014

Tempat Wisata di Solo yang Pasti Harus Dikunjungi

Tempat Wisata di Solo yang Wajib Harus Dikunjungi


Kalau berniat untuk wisata ke Solo, jelas harus datang ke tempat wisata di Solo, terutama daerah wisata alamnya. Nah, sedikit di sini akan kita ulas tempat wisata di Solo yang harus banget didatangi ketika sedang berwisata ke sana. Yuk langsung cek aja.


wisata di solo grojogan sewu wisata di solo grojogan sewu


Tawangmangu


Taman wisata Tawangmangu yang berada di kabupaten Karanganyar ini merupakan suatu tempat yang khusus dijadikan tempat wisata alam karena suasana alamnya yang indah. Di sini terdapat sebuah air terjun alami yang bernama Grojogan Sewu. Air terjun ini berada di sebelah barat Gunung Lawu, ke arah timur kalau dari kota Solo. Tempat wisata ini termasuk tempat yang paling terkenal dengan keindahan alamnya. Kembali ke taman wisata Tawangmangu, taman ini terletak di pegunungan sehingga memberi kesejukan yang berbeda daripada di kota. Tempat ini pula masih cukup alami, jadi akan banyak memberi pengunjung waktu untuk berjalan-jalan dan menikmati keindahan pegunungan dan cuaca sejuk di sana.


Air Terjun


Selain Grojogan Sewu, masih ada beberapa tempat wisata di Solo yang berupa air terjun dan masing-masing cukup terkenal. Beberapa contohnya adalah air terjun Jumog, air terjun Parang Ijo, dan air terjun Segoro Gunung. Masing-masing tempat wisata alam ini tak kalah bagus dari Grojogan Sewu. Pemandangan dan tempatnya yang masih asli dilengkapi dengan sungai di bawahnya yang bisa dijadikan tempat bermain jadi daya tarik utama lokasi air terjun.


Selain air terjun, tempat wisata di Solo yang masih alami dan jadi tujuan kunjungan wisata banyak orang adalah Gunung Kemukus, Waduk Gajah Mungkur, hingga Sungai Bengawan Solo yang pasti sudah dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia atau bahkan dunia lewat lagu ciptaan Gesang, yaitu Bengawan Solo. Meski kebanyakan bersifat perairan, pengunjung tak harus dan boleh selalu bermain air atau terjun langsung ke tempat wisata tersebut. Peraturan dan larangan juga musti dipatuhi agar tidak merusak lingkungan alam sekitarnya.


Taman Balekambang


Yang berikutnya adalah Taman Balekambang. Meski baru dijadikan taman rekreasi pada tahun 2008, taman ini sudah melesat jadi pilihan nasional tempat wisata di Solo yang patut dikunjungi. Letak taman ini berada di Jalan Ahmad Yani dan memiliki luas sekitar kurang lebih 10 hektar. Karena luasnya, taman ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian perairan dan bagian perhutanan. Perairannya disebut Taman Air Partini yang menyediakan permainan perahu bagi pengunjung, sedangkan bagian hutannya disebut Hutan Partinah. Bagian ini dihidupkan untuk melindungi dan melestarikan serta mengoleksi berbagai tanaman langka yang ada di Indonesia.


Jadi, selain keraton Surakarta serta tempat bersejarah yang terkenal, kota Solo juga memiliki banyak wisata alam yang menarik dan menyegarkan untuk dikunjungi. Itulah sedikit ulasan tentang tempat wisata di Solo yang masih mengadopsi kealamiannya.



bookmark
wp reddit



Tempat Wisata di Solo yang Pasti Harus Dikunjungi

No comments:

Post a Comment