Monday, June 16, 2014

Kuliner Solo

Kuliner Solo Nggak Kalah Menarik dengan Kuliner Lainnya


wisata kuliner solo nasi liwet wisata kuliner solo nasi liwet


Wah, kalau sudah ngomongin masalah kuliner, dengarnya saja sudah bikin perut kruyuk-kruyuk minta diisi. Di Indonesia sendiri, jenis-jenis makanan bisa sangat beragam bahkan meski terletak pada satu kota. Kalau mau wisata kuliner rasanya nggak cukup deh kalau cuma satu – dua hari. Karena hidangan tiap kota berbeda, jangan coba-coba bandingkan kuliner kota satu dengan lainnya. Dijamin nggak bakal bisa soalnya. Sekarang kita mau coba ulas sedikit saja dari wisata kuliner Solo. Kota yang satu ini memiliki hidangan yang tak kalah banyak dengan Jakarta. Mulai dari tempat-tempat makanan terkenalnya, hingga oleh-oleh yang sering dibawa pulang oleh turis lokal hingga mancanegara.


Tengkleng


Masuk ke tengkleng. Makanan satu ini merupakan kuliner Solo yang terkenal. Tengkleng ini mirip dengan gulai kambing, hanya saja tidak menggunakan santan. Kuahnya yang mantap lengkap dengan daging yang masih menempel di tulang membuat lidah tak bosan melahapnya. Tengkleng ini bisa ditemukan di samping gapura Pasar Klewer atau warung tengkleng.


Gudeg Ceker


Tidak seperti gudeg biasanya yang hanya tersaji manis dengan telur dan nangka, biasanya di Solo ini gudeg justru banyak ditambah campurannya dengan ceker. Menu satu ini pasti sudah tak asing lagi di lidah orang Solo. Katanya sih makanan ini makin lezat ketika dituangi dengan sambal goreng krecek.


Nasi Liwet


Untuk kuliner Solo yang satu ini sudah jadi makanan nasional rasanya. Nasi liwet sekarang ini pun bisa dengan mudah kita temukan di kota-kota besar dan jadi sajian ketika ada resepsi pernikahan. Akan tetapi, tentu saja rasa dan sajiannya jadi berbeda ketika kita membeli dan menyantapnya di kota asal nasi liwet ini. beras yang dimasak dengan kaldu ayam ini jadi pokok nasi liwet yang baru dilengkapi dengan telur pindang rebus, sayur labu siam, daging ayam suwir, dan kuah santan. Lalu dihidangkan di atas daun pisang yang jadi alas piringnya. Penjual nasi liwet ini biasa ditemui di daerah Keprabon pada sore hari.


Timlo Solo


Seperti kebanyakan timlo, kuahnya yang bening menggugah selera karena isinya jadi terlihat. Namun, berbeda dengan timlo biasanya, timlo Solo ini tidak menggunakan isi soun dan jamur. Isinya cukup sederhana yaitu potongan sosis goreng, telur rebus pindang, dan ampela hati ayam. Biasanya makanan ini dihindangkan bersama sepiring nasi dengan taburan bawang goreng. Simpel, sederhana, tetapi tetap menggoyang lidah.


Oleh-Oleh


Sebenarnya masih banyak lagi kuliner Solo yang bisa kita ulas seperti sambel tumpang, bakmi toprak Solo, sate kere, sate buntel, sampai wedangan, tetapi dalam berwisata kuliner, tentunya oleh-oleh untuk dibawa pulang jadi prioritas ketika akan pulang, bukan? Nah, untuk oleh-oleh, kuliner Solo yang pasti menyediakan surabi Solo yang sudah terkenal kekhasannya. Selain itu, ada pula intip, yaitu sejenis kerak nasi yang dijemur sampai kering jadi mirip kerupuk. Bentuknya besar dan biasanya murah. Lalu ada pula rambak petis, yaitu kerupuk kulit sapi yang sedap. Cocok jadi oleh-oleh sekampung.



bookmark
wp reddit



Kuliner Solo

No comments:

Post a Comment