Friday, May 23, 2014

Sejarah danau Toba, Legenda danau Toba

Sejarah Danau Toba


Wisata indonesia.co.id Legenda Danau Toba adalah salah satu danau terbaik yang pernah ada di indonesia . Danau ini panjangnya 100 kilometer , lebarnya 30 kilometer , dan sampai 505 meter   ( 1.666 kaki) yang mendalam . Terletak di tengah-tengah bagian utara pulau Sumatera Indonesia dengan ketinggian permukaan sekitar 900 meter ( 2.953 kaki) ,. Ini adalah danau terbesar di Indonesia dan danau vulkanik terbesar di dunia.


Danau Toba adalah tempat letusan supervolcanic besar diperkirakan VEI 8 yang terjadi 69.000 sampai 77.000 tahun yang lalu ,  mewakili peristiwa iklim berubah. Ini adalah letusan eksplosif yang terbesar yang diketahui  di Bumi dalam 25 juta tahun terakhir . Menurut teori bencana Toba , itu konsekuensi global untuk populasi manusia :  membunuh sebagian besar manusia yang hidup pada waktu itu dan diyakini telah menciptakan hambatan populasi di Afrika timur tengah dan India , yang mempengaruhi  genetik dari manusia – dunia populasi besar hingga saat ini


danau toba 300x224 danau toba


LEGENDA DANAU TOBA


Suatu hari , ada seorang pria yang tinggal di Sumatera Utara . Dia tinggal di sebuah gubuk sederhana di daerah pertanian . Dia melakukan beberapa kegiatan berkebun dan memancing untuk kehidupan sehari-hari .



Suatu hari, ketika orang itu melakukan penangkapan ikan , ia menangkap ikan emas besar di perangkapnya. Ini adalah tangkapan terbesar yang dia miliki dalam hidupnya . Anehnya , ikan ini berubah menjadi seorang putri cantik . Dia merasa jatuh cinta dengan dia dan mengusulkan dia menjadi istrinya . Dia mengatakan ; ” Ya, tapi kau harus berjanji untuk tidak memberitahu siapa pun tentang rahasia bahwa saya dulunya ikan , jika tidak akan ada bencana besar ” . Pria itu membuat kesepakatan dan mereka menikah , hidup bahagia dan memiliki seorang putri .



Beberapa tahun kemudian , putri ini akan membantu membawa makan siang untuk ayahnya di ladang . Suatu hari , putrinya begitu lapar dan ia makan siang ayahnya . Sayangnya , ia menemukan dan  marah , dan berteriak ; ” Kau terkutuk putri ikan ” . Putri berlari pulang dan menanyakan ibunya . Sang ibu mulai menangis , merasa sedih karena suaminya telah melanggar janjinya .

Kemudian dia mengatakan kepada putrinya untuk berlari menaiki bukit karena bencana besar itu akan datang . Ketika putrinya pergi, dia berdoa . Segera ada gempa besar diikuti oleh  hujan deras tiada henti. Seluruh daerah terkena banjir dan menjadi Danau Toba yang sekarang . Dia berubah menjadi ikan lagi dan pria itu menjadi Pulau Samosir. LEGENDA DANAU TOBA



bookmark
wp reddit



Sejarah danau Toba, Legenda danau Toba

No comments:

Post a Comment