Sunday, June 22, 2014

Wisata Kuliner Surabaya

Nikmatnya Kuliner Surabaya


Surabaya adalah ibukota dari Provinsi Jawa Timur, yang merupakan sebuah kota dengan kepadatan duduk yang cukup tinggi. Kota ini sepertinya tidak mau kalah dengan Jakarta, sebab di Surabaya sendiri terdapat berbagai macam industri dari yang kecil sampai yang besar, dan juga sebagai pusat bisnis yang tidak dapat diremehkan. Kota ini juga dikenal dengan suhu yang cukup tinggi. Oleh sebab itu jika Anda berkunjung ke sini, Anda harus menemukan wisata kuliner Surabaya yang dapat menyejukkan hari Anda. Seperti halnya setiap daerah yang kita kunjungi, pasti ada satu dua hidangan yang menjadi sebuah ciri khas kota tersebut untuk selalu diingat dan dicari ketika berkunjung. Artikel ini akan membahas sejumlah makanan khas yang sudah seharusnya Anda coba ketika Anda sedang berada di Surabaya.


Rujak Cingur


kuliner surabaya rujak cingur wisata kuliner surabaya rujak cingur


Cingur memiliki arti hidung, yang membuat hidangan ini menjadi sangat khas. Biasanya hidangan ini terdiri dari berbagai macam sayuran dan juga buah, seperti kedondong, nanas, mangga, ketupat, tempe, dan kangkung. Semua bahan ini dicampur dengan saus yang terbuat dari kacang merah, peti, dan cabai. Jangan lupa untuk memasukkan hidung kerbau ke dalamnya, agar namanya resmi menjadi rujak cingur. Satu porsi hidangan bergizi wisata kuliner Surabaya ini mencapai Rp 6.500,00 sampai Rp 14.000,00.


Sate Klopo


wisata kuliner surabaya sate klopo wisata-kuliner-surabaya-sate-klopo


Nama ini memang tidak begitu dikenal seperti sate lilit khas Bali. Namun hal tersebut tidak mengurangi rasa lezat yang bisa Anda rasakan di setiap gigitannya. ‘Klopo’ dalam Bahasa Jawa berarti kelapa. Ya, sate ini merupakan sebuah hidangan sate biasa yang dilimuri dengan parutan kelapa. Anda bisa menikmatinya dengan lontong dan juga saus yang terbuat dari bumbu kacang, ditambah dengan srundeng. Terdapat banyak pilihan daging yang bisa Anda pilih sesuai selera, mulai dari ayam, sapi, dan juga kambing.


Semanggi Surabaya


Hidangan yang satu ini bentuknya menyerupai pecel. Ya, berbagai macam sayuran yang dicampur dengan saus kacang dengan sedikit rasa pedas. Yang membedakan adalah sayur yang dalam hidangan ini didominasi oleh daun semanggi. Hidangan ini merupakan salah satu khas Surabaya, karena jarang sekali ditemukan di kota lain. Hidangan ini juga dilengkapi dengan sebuah krupuk berukuran jumbo, yang ternyata digunakan sebagai pengganti sendok. Biasanya semanggi ditempatkan di lembaran daun pisang (pincuk) agar menciptakan kesan pedesaan yang kental. Satu porsinya berkisar antara Rp 5.000,00 sampai Rp 7.000,00 saja.


Lontong Balap


kuliner surabaya lontong balap kuliner surabaya lontong balap


Kuliner Surabaya yang satu ini juga selalu dicari para turis ketika sedang berada di sini. Hidangan yang satu ini sangat segar sehingga cocok dinikmati di panasnya Surabaya. Terdapat lontong, tauge, lentho, dan juga tahu di dalamnya. Kuah beningnya akan tambah gurih dan nikmat jika Anda nikmati hangat. Satu porsi lontong balap seharga Rp 7.500,00 saja.



bookmark
wp reddit



Wisata Kuliner Surabaya

No comments:

Post a Comment